Cara Beternak Ayam Cemani dari Netas hingga Dewasa


Cara Beternak  Ayam Cemani dari Netas hingga Dewasa– Ayam Cemani termasuk di antara ayam hias pribumi Indonesia yang mempunyai karakteristik yang tidak dipunyai ayam hias lainnya. Konon, ayam cemani pada tadinya hanya terdapat di Indonesia. Sekarang ini ayam cemani sudah ada di sekian banyak  negara yang memiliki ketertarikan pada ayam yang memiliki warna serba hitam ini.

Tak sedikit semua peneliti dari perguruan tinggi yang menganalisis tentang ayam cemani ini. Namun hasil riset selengkapnya mengenai Ayam Cemani ini belum sah diluncurkan sampai sekarang yang dapat menjawab rasa penasaran masyarakat pada Ayam Cemani ini. Hingga kini tidak sedikit masyarakat yang bertanya mengenai penyebab warna hitam pada borongan bagian ayam, pengaruh makanan terhadap warna ayam dan pembuktian bahwa darah Ayam Cemani benar-benar hitam dan bukan hasil rekayasa semata.

Terlepas dari sekian banyak  teori atau misteri yang melingkupi ayam cemani, ketika kita bakal beternak Ayam Cemani anda tidak perlu secara detail mengenai Ayam Cemani. Yang anda butuhkan ialah pengetahuan mengenai tata teknik memelihara Ayam Cemani dari anakan sampai indukan sehingga dapat meminamalisir terjadinya kematian pada ayam.

Pemeliharaan Saat Anakan Ayam Baru Menetas


Saat anakan ayam berumur 4 hari, kerjakan vaksinasi tetelo atau ND (Newcastle disease ) yang diulang pada usia 4 minggu dan 4 bulan. Selain tersebut dapat divaksin dengan vaksin cacar. Bagi konsumsi harian anakan ayam cemani dapat dinaikkan sesuai dengan usia ayam.

Makanan guna anakan ayam berupa konsentrat berupa voer atau BR murni yang belum diberi gabungan apapun. Bagi 4 minggu kesatu konsumsi harian selama 400 gram/ ekor. Pada 4 minggu berikutnya, pemberian dilipatgandakan sampai menjadi 838 gram/ ekor sampai umur 8 minggu.

Pemeliharaan Masa Remaja dan Dewasa


Selepas anakan berumur selama 3 minggu anakan ayam dapat dialihkan ke kandang yang lebih besar. Kandang tersebut dicoba ke unsur timur agak sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam kandang ayam sampai-sampai kandang tidak jarang kali kering. Kandang yang lembab akan mempermudah ayam terjangkit penyakit. Besarnya kandang dicocokkan dengan jumlah ayam dan usia ayam. Semakin besar ayam maka diperlukan kandang yang lebih besar.

Pada saat tersebut anakan cemani dapat diserahkan makanan tambahan laksana bekatul, dedak dan nasi yang belum basi. Tambahan pakan itu dimaksudkan untuk meminimalisir pengeluaran pakan ternak. Makanan itu dapat dicampurkan menjadi satu. Pada ketika ayam cemani menginjak masa bertelur, butuh penambahan sekian banyak  vitamin, jadi makanan dapat ditambahkan dengan makanan ayam petelur. Hal tersebut untuk menunjang produktivitas dan kualitas telur yang dihasilkan.

Kandang guna Cemani Dewasa


Ayam Cemani yang sudah dewasa dapat ditaruh dalam kandang yang berukuran lebih kecil di bandingkan dengan kandang umbaran. Kandang itu berukuran lebih kecil dan melulu memuat selama 5-6 ekor saja dengan komposisi 1 jantan dengan 4-5 betina.

Kondisi Kandang Ayam Cemani


Bisa pun kita memakai kandang yang hanya dapat diisi 2 ekor per kandang supaya setelah pejantan membuahi betina maka betina bisa diganti dengan yang lain. Begitu seterusnya sampai-sampai semua betina sudah dibuahi pejantan.

Makanan Ayam Cemani


Pakan adalahsumber energi untuk hewan, khususnya ayam cemani. Pakan yang baik ialah pakan yang berisi gizi laksana lemak, protein, kerbohidrat, mineral dan vitamin. Dalam pemberian pakan pada ayam cemani tidaklah bertolak belakang dengan pakan ayam pada umumnya. Tetapi pada ayam cemani ada pakan ekstra yang dibaur dengan dedak bermanfaat untuk mendapatkan ekstra vitamin dan mineral berupa sayuran laksana daun pepaya, kangkung, singkong dan kecambah. Tambahan pakan lainnya berupa pakan ayam butiran dan pakan ayam tepung.

Pakan ayam butiran ialah makanan yang berbentuk butiran berupa jagung, ketan hitam, gabah, beras merah, kacang hijau, dan kacang kedelai. Pemberian pakan berupa biji – bijian ini dapat diserahkan setiap dua kali sehari pada masa-masa pagi dan sore.


Pakan ayam tepung ialah campuran dari bahan yang sudah digiling, destinasi dari pengilingan bahan ini supaya makanan mudah dipahami oleh ayam cemani. Bahan – bahan yang seringkali dicampur ialah tepung jagung, tepung ikan, tepung kacang hiaju, tepung kacang kedelai dan tepung daging. Pemberian pakan berupa tepung ini biasayan peternak mencampurkan potongan sayuran yang diiris lembut laksana diatas supaya produktifitas pada ayam cemani menjadi lebih unggul.

Highlight

Luar Biasa! Berikut Manfaat Daun dan Buah Ciplukan Beserta Efek Samping Lengkap

Di negara anda Indonesia, pastilah tidak sedikit yang sudah mengenal tumbuhan semak satu ini. Ya, ciplukan! Tanaman binal yang dahulu ...