Ternak Ayam Cemani Raup Omset Rp 25 Juta Per Ekor


Indonesia ternyata mempunyai spesies ayam yang unik. Ayam ini berwarna hitam yang mempunyai nama ayam cemani.

Sesuai dengan namanya cemani (hitam), spesies ayam ini borongan tubuhnya berwarna hitam. Warna hitam pada ayam ini tidak melulu pada penampilan fisiknya laksana bulu, paruh, dan kuku. Kulit unsur dalam ayam ini pun berwarna hitam. Darah ayam ini lebih gelap dibanding warna darah ayam pada umumnya.

Karena warna yang bertolak belakang dari ayam jenis lainnya, ayam cemani dibanderol lebih mahal daripada ayam biasa. Bahkan, kesempatan usaha ternak ayam cemani dianggap lumayan menjanjikan. Salah seorang yang sudah membuktikannya ialah Hamidi, seorang lelaki asal Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Pali, Sumatera Selatan.

Hamidi merawat ayam cemani dengan teknik diliarkan di dekat rumahnya. Siapa sangka ayam cemani yang mempunyai karakteristik seluruh badan hitam ini mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi. Harga satu ekor ayam dapat menjangkau Rp25 juta.

Hamidi, dapat menghasilkan ayam cemani yang dipelihara secara diliarkan. Puluhan ayam cemani kepunyaan Hamidi ini mempunyai keistimewaan tersendiri ayam ini mempunyai keseluruhan tubuhnya berwarna hitam. Semua bulu, kulit, sampai darah dan tulangnya hitam semua.

“Puluhan ayam ini pun tidur di atas pohon tanpa mesti disangkar,” ujarnya.


Berdasarkan keterangan dari Hamidi, seringkali ayam cemani miliknya ini dipakai untuk ritual tertentu. Pembelinya pun tidak sedikit yang berasal dari Pulau Jawa. Satu ekor ayam cemani yang telah dewasa menjangkau Rp25 juta, sementara yang masih kecil dihargai Rp5 juta. “Untuk telur sendiri seringkali Rp150.000 ribu,” tutur Hamidi.

Highlight

Luar Biasa! Berikut Manfaat Daun dan Buah Ciplukan Beserta Efek Samping Lengkap

Di negara anda Indonesia, pastilah tidak sedikit yang sudah mengenal tumbuhan semak satu ini. Ya, ciplukan! Tanaman binal yang dahulu ...