Benarkah kayu Bajakah dapat menyembuhkan kanker?



Kayu Bajakah dapat menyembuhkan kanker - Penemuan 3 siswa asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah terpaut kayu Bajakah yang dapat mengobati kanker menggemparkan Indonesia. Apalagi, penemuan itu telah mendapat pengakuan dunia karena mendapat medali emas dalam ajang World Invention Olympic( WICO) di Korea Selatan. Tetapi, benarkah kayu Bajakah dapat menyembuhkan kanker?

Kayu Bajakah jadi pembicaraan banyak orang sebab ditemui oleh 3 anak SMAN 2 Palangkaraya, yang sehabis diuji kabarnya dapat mengobati kanker. Obat dari kayu Bajakah itu setelah itu dilombakan serta menang dalam ajang internasional sekelas WICO.

kayu bajakah

Mengutip dari Kompas. com, tanaman kayu Bajakah telah diuji di Fakultas Medis Universitas Lambung Mangkurat( FK ULM) dan dikenal mempunyai senyawa fitokimia. Senyawa fitokimia ataupun disebut dengan fitonutrien merupakan seluruh jenis zat kimia ataupun nutrien yang diturunkan dari tumbuhan, tercantum buah- buahan dan sayuran.

Sementara menurut riset yang diterbitkan di academia. edu, fitokimia ada pada senyawa yang ditemukan pada tanaman serta mempunyai dampak untuk kesehatan dan mempunyai kedudukan aktif untuk penangkalan penyakit.

Senyawa fitokimia pada kayu Bajakah coba diaplikasikan pada tikus putih bagaikan percobaan. Peneliti dari FK ULM, Eko Suhartono, mencoba pada tikus putih yang terpapar sel kanker dan mempunyai benjolan- benjolan tertentu.

Banyaknya tonjolan pada tikus tersebut ialah ciri kalau tikus telah terpapar sel kanker. Pada sesi inilah, senyawa- senyawa yang dihasilkan dari kayu Bajakah disuntikkan pada tikus. Eko mengaku kaget sehabis menunggu sebagian minggu, karena benjolan- benjolan pada tikus menurun serta mengecil.

Tetapi, benarkah Ampuh menyembuhkan kanker?

Timbulnya riset ini jadi angin fresh di dunia kesehatan, paling utama untuk para pengidap kanker. Sebagaimana dikenal, penyakit kanker jadi salah satu penyakit sangat mematikan serta susah diatasi.

Tetapi, apakah benar kayu Bajakah dapat atasi kanker? Semacam dilansir dari KlikDokter Bagi dokter. Sepriani Timurtini Limbong, isi flavonoid dalam kayu Bajakah lebih kepada penangkalan daripada penyembuhan. Sebagaimana dikenal, flavonoid memanglah dapat menghindari radikal bebas di dalam badan.

Teori dasarnya kalau sel kanker dapat bermutasi di dalam badan sebab terdapatnya radikal bebas. Nah, watak antioksidan flavonoid yang dapat mencegah perihal itu.

" Jika misalnya telah melalui riset dan kayu itu mempunyai kandungan flavonoid, hingga pada dasarnya kayu itu semacam antioksidan serta dapat mencegah radikal bebas. Flavoniod pula tidak cuma terdapat di kayu Bajakah, tetapi banyak pula di santapan semacam cokelat. Nah, isi flavonoid itu memanglah dapat menghindari radikal bebas dalam tubuh," ucap dr. Sepri.

" Salah satu teorinya, sel kanker dapat bermutasi sebab radikal bebas. Makanya, jika radikal bebas ditangkal dengan zat- zat itu, kanker diharapkan dapat tercegah," lanjutnya.

Akan tetapi, dr. Sepri belum dapat membenarkan apakah isi flavonoid pada kayu Bajakah dapat mengobati kanker ataupun tidak. Karena, bersumber pada informasi kedokteran, kanker cuma dapat dipulihkan melalui terapi- terapi tertentu.

" Jika kayu Bajakah diucap bagaikan penyembuh kanker, masih kurang pas pula. Sepanjang ini, pengobatan kanker masih bergantung dengan tipe kankernya, terapinya dapat dengan chemotherapy, radioterapi, ataupun reseksi," tegasnya.

" Sesungguhnya, jika telah didiagnosa terserang kanker serta ingin berupaya manfaat kayu Bajakah boleh- boleh saja. Asal, senantiasa beranggapan kalau penyembuhan kedokteran lebih diajarkan serta penyembuhan semacam itu umumnya susah buat mengobati," pungkas dokter. Sepri.

Temuan 3 anak SMAN 2 Palangkaraya soal kayu Bajakah dapat menyembuhkan kanker senantiasa butuh diapresiasi. Mereka menciptakan suatu yang bisa jadi tidak terpikirkan oleh anak seumuran mereka yang lain. Terlebih hingga menang di lomba tingkatan internasional.

Tetapi, di sisi lain, Eko Suhartono selaku periset dari FK ULM juga menyebut kalau penemuan ini masih jadi pijakan dini serta belum sempat diuji coba pada manusia. Hingga dari itu, butuh dicoba penelitian lebih lanjut soal khasiat kayu Bajakah.

Apakah kayu Bajakah dapat menyembuhkan kanker? Buat menjawabnya memanglah masih butuh riset lebih dalam lagi. Tetapi, sembari menunggu hasil riset selanjutnya penyembuhan kedokteran memanglah senantiasa sangat diajarkan. Bila Kamu mau mencoba penyembuhan dengan kayu Bajakah, Kamu dapat konsultasikan dahulu dengan dokter Kamu. (arsyila.id)

Highlight

Luar Biasa! Berikut Manfaat Daun dan Buah Ciplukan Beserta Efek Samping Lengkap

Di negara anda Indonesia, pastilah tidak sedikit yang sudah mengenal tumbuhan semak satu ini. Ya, ciplukan! Tanaman binal yang dahulu ...